Bersyukur Itu Mudah

by - Desember 24, 2017

Syukur (n). Rasa terimakasih kepada Allah.

Begitu mudahnya kita bersyukur dengan mengucapkan kalimat hamdalah. Namun untuk menjadi ikhlas dari hati terkadang memang itu yang sulit. Niat kita bersyukur, tetapi masih saja dalam hati ingin mendapatkan yang lebih dari apa yang telah kita miliki sekarang.

Bersyukur merupakan memahami arti kata “cukup”, bukan mengeluh karena tidak cukup. Kita perlu melihat ke atas (orang yang mempunyai apapun yang mana itu lebih dari kita) untuk kita jadikan motivasi, juga kita dianjurkan melihat ke bawah (orang yang tidak lebih beruntung dari kita) untuk dijadikan renungan dan tolak ukur kita supaya kita lebih bisa bersyukur.

Sedikit cerita, saya pernah sholat diimami oleh teman kuliah saya yang tuna netra, namun subhanallah suaranya begitu indah, mahir membaca Alqur’an, juga begitu ramah.
Saya pun punya teman yang tuna rungu, bahkan ia begitu cerdas menangkap materi kuliah. Lagi lagi, kuucap subhanallah.


Ketika kita melihat siapapun yang kurang beruntung, apakah hati kita tidak sedikit tersentuh, bahkan jika kita bisa mensyukuri apa yang telah kita miliki, kita pasti menangis bahagia atas apa yang telah kita miliki sekarang.

Jangan mudah hasud (iri atau dengki), karena sejatinya yang hasud itulah jiwa-jiwa yang kurang bersyukur. Jika kita iri, maka kita ubah cara kita dengan mencapai seperti dia, dengan cara yang baik. Seperti: belajar lebih giat, bekerja keras, karena apa yang telah Allah berikan sangat tidak mungkin salah dan itu sesuai porsi hambanya.

Fabiayyi ‘ala irabbikuma tukaddziban? Maka, nikmat tuhan manakah yang engkau dustakan?
Begitulah ayat yang diulang-ulang dalam Q.S. Ar-rahman. 

Alhamdulillah.



You May Also Like

0 Comments